Proactol LTD

Laman

Sebuah Perjuangan

MUSEUM MANDALA WANGSIT

 Museum Mandala Wangsit adalah museum senjata yang berada di Bandung, Jawa Barat. Museum ini berada di Jl. Lembong No. 38. Nama yang aneh untuk sebuah museum yang bernilai sejarah tinggi untuk warga Bandung. Mandala Wangsit merupakan nama yang di berikan untuk museum ini,arti dari Mandala wangsit ini adalah nama yang di tempat yang amanahkan atau yang bisa di bilang tempat yang harus berguna untuk masa sekarang atau mas depan. Koleksi museum ini bisa di bilang sangat lengkap,di karenakan di dalam museum ini terdapat banyak peninggalan benda-benda pasukan kodam pada masa penjajahan,seperti kris,kujang,tombak,hingga senjata yang bisa di bilang modern pun ada.

 Sebagai warga Bandung,sepatutnya kita bangga dan berbesar hati. Karena tak jarang dari kita melupakan arti sejarah itu sendiri. Museum Mandala Wangsit yang berdiri dari 23 Mei 1966 ini sangat memberikan banyak kegunaan untuk warga Bandung.
Fasilitas yang di berikan Museum Mandala Wangsit :
  1. Pameran benda-benda koleksi:
    • Perjuangan KODAM Siliwangi
    • Monumen kekejaman APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)
    • Senjata-senjata primitif dan modern yang digunakan dalam perjuangan KODAM Siliwangi
  2. Koperasi
  3. Lahan Parkir
 Di satu sisi,kita lebih tidak menghargai sebuah arti pengorbanan dan sejarah. Banyak dari kita lebih memilih untuk bermain di Mall di banding Museum. Sedih melihat keadaan Museum Mandala Wangsit,kini bangunan ini sudah mulai rapuh. Kurang nya perbaikan oleh karena dana yang kurang,penerangan yang seadanya, beberapa sudut atap yang terlihat bocor dan membusuk.

 Haruskah sejarah hilang oleh bergulirnya waktu,apakah kita harus berdiam diri dan berpikir seakan sejarah itu hanya untuk orang kolot?

 Kita harus berusaha mengubah persepsi buruk kita tentang sejarah, kita bangsa yang berbudaya karena sejarahnya. Ini tentang perjuangan,bukan hal yang mudah untuk bisa kita capai dengan mudah.

Sandy Habeahan
011011034

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
© [C]ommunication [B] | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger