Proactol LTD

Laman

PROSES BERFIKIR KREATIF


PROSES BERFIKIR KREATIF
Yulia Amaliah (011011062)
Cerita pendek yang berjudul “ Kisah Masa Lalu ” merupakan tema dari Museum Geologi. Setiap orang ingin mendapatkan kesempurnaan, dari pembuatan yang ia buat. Di mulai dari pembangkitan tokoh, alur cerita yang seolah terjadi. Namun justru itu semua sering menjadi kendala dalam pembuatan cerita. Pada saat saya membuat cerita pendek tersebut pertama saya akan membuat tema, kebetulan tema cerpen tersebut mengenai museum geologi, selanjutnya menentukan tokoh. Karena tema tentang Museum Geologi yang bisa dijadikan tempat wisata pendidikan, sata terfikir untuk membuat tokoh keluarga, satu anak balita, ayah dan ibunya.anak tersebut bernama Citra, Ibunya bernama Dewi dan ayahnya bernama Bagas.
Setelah penentuan tokoh, saya menentukan karakter tokoh tersebut. Karakter tokoh anak tersebut saya mendapat inspirasi dari anak balita sekitar yang selalu ingin serba tahu tentang hal-hal yang baru,dan merupakan anak yan cerdas yang cepat dalam menerima pelajaran. Sedangkan karakter dari ayah dan ibunya mereka merupakan sosok orang tua yang penyabar dan merupakan orang tua muda yang kreatif.  Mereka tak pernah lelah dalam menjawab celotahan-celotehan anaknya.
Setelah penentuan karakter, saya menentukan latar tempat dan latar waktu dimana cerita tersebut. Latar waktu terjadi pada saat weekend , tepatnya pada hari Minggu. Sedangkan latar tempat terjadi di Museum Geologi itu sendiri.
Saat pembuatan cerpen ini saya mulai berimajinasi bagaimana saya di tujuh tahun kedepan, memilki suami yang baik dan menjadi keluarga yang berbahagia ditambah seorang anak yang cantik, lucu. Saya membawa anak saya ( Citra ) berlibur, namun sekaligus memberikan pendidikan oleh karena itu kita semua pergi ke Museum Geologi. Di cerpen ini saya hanya menjelaskan ada apa di museum geologi tesebut. Apa yang Citra tidak di ketahui di jawab oleh ayah dan ibunya.
Di dalam cerpen ini saya hanya inign menjelaskan tentang museum geologi tersebut karena masih sja ada sebagia orang yang malas untuk mengunjungi Museum Geologi tersebut.

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
© [C]ommunication [B] | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger