Proactol LTD

Laman

FEATURE TAMAN GANESHA


TAMAN GANESHA
 Pernahkah anda jalan-jalan ke taman Ganesha? Taman Ganesha merupakan salah satu taman yang bersejarah yang berada di kota Bandung. Taman Ganesha terletak di jalan Ganesha, Bandung atau tepatnya di depan kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Jika anda datang dari arah jalan dago, maka taman Ganesha terletak tepat disamping mesjid Salman ITB. Menelusuri jalan Ganesha terasa sangat menyenangkan karena disamping kiri dan kanan di tumbuhi pohon-pohon besar yang rindang.
Ketika anda sampai di lokasi taman, tepat di depan gerbang taman Ganesha, anda akan disambut oleh tugu taman Ganesha lengkap dengan 2 buah prasasti. Keindahan dan kesejukan taman menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang datang ke taman Ganesha. Umumnya, para pengunjung taman Ganesha mengunjungi taman ini untuk sekedar berolah raga atau sekedar berjalan – jalan di sekitaran taman Ganesha, Bandung.
Banyak kegiatan atau aktivitas yang dilakukan di taman Ganesha. Di pagi hari, para manula biasanya menggunakan taman Ganesha sebagai tempat untuk berolah raga atau sekedar jogging kecil. Dan pada sore harinya, banyak diantara masyarakat yang menggunakan taman Ganesha sebagai tempat untuk sekedar duduk-duduk melepas penat atau memancing di kolam air mancur. Selain itu, banyak juga komunitas – komunitas di kota Bandung yang melakukan kegiatan di taman Ganesha ini seperti, cheerleaders, costume player dan masih banyak lagi. Selain itu pula, banyak sekali kegiatan – kegiatan yang diadakan di taman Ganesha ini. Jika anda membawa putra atau putri, anda bisa mengajaknya untuk menunggang kuda di sekitar taman Ganesha ini. Jika pada hari biasa taman terlihat sepi, akan lain hal nya jika hari minggu.

Pengelolaan taman ganesha sendiri dipercayakan pada dinas Pertamanan. Taman Ganesha didirikan pada awal tahun 1891. Fungsi awal dari taman Ganesha adalah sebagai hutan kota. Namun, sejak 2002 pihak pemerintah daerah mengambil alih kepemilikan taman Ganesha. Sejak itu pula fungsi awal taman Ganesha yang tadinya sebagai hutan kota, menjadi taman kota. Mulai saat itu taman Ganesha mulai ditanami pohon-pohon dan tanaman hias.
Tapi, sayang, keindahan taman Ganesha ini banyak di rusak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak sekali coretan-coretan tangan-tangan jahil orang di sekitar taman, mulai dari bangku taman, tembok taman, hingga disekitar wilayah kolam air mancur. Selain itu, banyak juga bagian-bagian taman yang tidak terawat.
Namun, hal yang paling memprihatinkan adalah keindahan taman Ganesha ini dirusak oleh banyaknya sampah yang menumpuk di semua penjuru taman Ganesha. Selain sampah plastik bekas makanan dan minuman, sampah yang paling banyak berserakan di sekitar taman Ganesha adalah daun-daun yang berguguran dari pohon-pohon yang berada di sekitar taman Ganesha.
Selain itu, banyaknya gelandangan dan pengemis membuat pemandangan taman Ganesha sedikit “dirusak” oleh hadirnya para gelandangan dan para pengemis tersebut. Selain itu juga, banyaknya pengamen jalanan dan para pedagang kaki lima yang berjualan di dalam area taman Ganesha tersebut membuat taman Ganesha menjadi kotor dan banyak menimbulkan sampah. Fungsi air mancur di kolam air mancur pun tidak berfungsi. Apalagi, Air di dalam kolam tampak sangat keruh kehijauan, memberikan kesan bahwa kolam tersebut tidak pernah di rawat oleh pihak – pihak terkait. Banyak harapan muncul dari para pengunjung agar membuat taman Ganesha ini menjadi lebih baik lagi.
Namun, semua kekurangan – kekurangan yang dimiliki oleh taman Ganesha tidak menghalangi para pengunjung untuk tetap mengunjungi taman yang rindang dan sejuk ini.
Sebuah pekerjaan rumah yang besar bagi pihak – pihak yang terkait terutama pemerintah daerah Jawa Barat, bagamaina agar taman Ganesha ini bisa menjadi taman yang lebih baik lagi karena, taman Ganesha merupakan salah satu taman yang bersejarah sekaligus taman kebanggan warga kota Bandung. Mudah- mudahan taman ini bisa terus memberikan keindahan dan kesejukan bagi warga kota Bandung.  (irv/14/tgs komprk)

comment 0 comments:

Posting Komentar

 
© [C]ommunication [B] | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger